Aryo Maulana Bangun Forum Mantan Pecandu Untuk Bantu Menata Kehidupan

Sebagian masyarakat kita masih awam dengan apa yang disebut sebagai rehabilitasi narbkoba. Banyak di antara mereka yang berpikir klise, yakni bahwa mantan pecandu narkoba pasti akan kembali hidup normal pasca rehabilitasi atau “telah sembuh”. Dalam hal ini perlu untuk diingat bahwa narkoba bukanlah penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman. Narkoba adalah barang berbahaya yang ketika telah mempengaruhi fisik maupun psikis, maka penggunanya akan sulit untuk terlepas dari jeratannya. Rehabilitasi hanya merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghapus atau menghilangkan kecanduan yang dialami oleh seorang pengguna. Dengan rehabilitasi, seorang pengguna atau pecandu narkoba diharapkan akan mampu kembali menata hidup menjadi lebih baik.

 

Sayangnya, kenyataan yang terjadi di lapangan sangat jauh berbeda dengan apa yang diharapokan. Banyak mantan pecandu narkoba yang telah menjadi sejumlah program rehabilitasi pada akhirnya menemui banyak kendala sehingga kesulitan untuk bisa kembali menjalani kehidupannya seperti sebelum menggunakan narkoba. Bahkan, tidak jarang mantan pecandu mengalami kesulitan saat harus mencari pekerjaan, karena dianggap akan memberikan dampak buruk atau mungkin dianggap sudah tidak lagi produktif. Inilah sebabnya, adanya sebuah forum atau wadah bagi para mantan pecandu narkoba menjadi satu hal yang sangat penting. Dengan adanya forum, maka mantan pengguna narkoba yang telah pulih dari ketergantungan akan mendapatkan sejumlah pendampingan dan pembinaan.

Permasalahan terkait dengan narkoba sejatinya bukan hanya menjadi persoalan yang harus ditanggung dan dipikirkan oleh pemerintah, karena masalah ini telah menjadi persoalan bersama yang membutuhkan solusi secepatnya yang bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat. Meski pemerintah telah menyediakan fasilitas rehabilitasi bagi para pecandu narkoba, namun seringkali muncul berbagai permasalahan bagi para mantan pecandu akibat dari kurangnya proses pembinaan dan pendampingan pasca rehabilitasi.Tidak sedikit mantan pecandu yang mengalami frustasi karena sering ditolak ketika melamar pekerjaan. Di sisi lain, untuk membuka bisnis sendiri atau berwiraswasta, masalah permodalan, management dan relasi seringkali menjadi kendala yang terlalu sulit untuk mereka pecahkan. Banyak mantan pecandu narkoba yang mengaku kurang percaya diri saat memasuki kehidupan sosial yang baru. Itulah mengapa, adanya forum mantan pecandu yang dikelola dengan baik menjadi satu isu yang sangat penting. Keberadaan forum semacam itu akan membantu memberdayakan dan memanusiakan mantan pecandu sehingga dapat lebih siap ketika harus kembali ke kehidupan sosial yang baru yang jauh dari narkoba.

Penanganan pasca rehabilitasi bagi para mantan pecandu narkoba tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah namun setiap elemen di dalam masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama dan harus berperan aktif dalam pemberantasan narkoba, termasuk dengan memberikan wadah atau forum pembinaan mantan pecandu narkoba. Forum bagi mantan pecandu tidak harus dalam bentuk formal namun bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan memfokuskan diri pada efektivitas. Forum tersebut harus bida dijadikan sebagai sebuah wadah untuk menampung sekaligus menyalurkan kreatifitas dan bakat yang dimiliki oleh para mantan pecandu. Forum tersebut juga hendaknya juga menjadi tempat bertemu dan berbagi bagi mereka. Dengan keberadaan forum semacam itu, para mantan pecandu bisa bertemu dengan orang – orang yang memiliki masa lalu dan pengalaman yang mungkin serupa sehingga masing – masing dari mereka bisa lebih percaya diri dan bersedia untuk membuka diri ketika menghadapi kehidupan sosial.

Salah satu furom mantan pecandu Narkoba yang patut dijadikan role model adalah yang didirikan oleh sosok aktivis muda Aryo Maulana. Aryo Maulana adalah salah seorang man tan pecandu narkoba yang kini menjadi salah satu penggiat anti narkoba dan menyediakan berbagai forum maupun wadah bagi para mantan pengguna dan pecandu narkoba untuk mendapatkan sejumlah pendampingan dan pembinaan setelah menjalani rehabilitasi sehingga mereka bisa benar – benar terlepas dari jeratan Narkoba. Dengan forum tersebut, Aryo berharap agar para pecandu tersebut nantinya mendapatkan kehidupan yang lebih baik terutama dalam kehidupan sosial dan ekonomi setelah terlepas dari belenggu narkoba. Forum mantan pecandu yang dibentuk bisa menjadi salah satu wadah sekaligus kesempatan untuk untuk kreatifitas dalam upaya melupakan hal – hal negatif yang mungkin menjadi masa lalu bagi para mantan pecandu narkoba

Menurut Aryo, salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah darurat narkoba yang sedang dialami oleh bangsa ini adalah dengan memberdayakan mantan pecandu dengan berbagai aktivitas dan kreativitas pasca rehabilitasi. Program pendampingan dan pembinaan guna memberdayakan mantan pecandu narkoba sangat penting untuk dilakukan agar nantinya para mantan pengguna tersebut bisa mencari nafkah kembali dan berguna bagi keluarga serta lingkungan sekitar. Yang paling penting, mantan pecandu tersebut bisa menemukan kembali rasa percaya diri untuk kembali ke lingkungan sosial yang baru sekaligus menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Apa yang dilakukan oleh seorang Aryo Maulana dalam menyediakan pembinaan serta pemberdayaan para mantan pecandu merupakan hasil belajarnya dari seorang guru bernama Dr. Redha Manthovani, SH, LLM. Beliau tidak lain merupakan ketua Yayasan Lautan Tanpa Tepi yang mnemang dikenal sangat mendukung adanya proses pembinaan dan pemberdayaan mantan pengguna pasca rehabilitasi. Salah satu tujuan yang dibuat adalah untuk menaungi mantan pecandu terutama pasca rehabilitasi.

Rehabilitasi tidak bisa menjamin bahwa para pecandu narkoba tersebut bisa mendapatkan kembali kehidupannya seperti sebelum menggunakan narkoba. Hal tersebut yang akhirnya memicu keinginan untuk kembali ke lingkungan di mana mereka dapat menemukan narkoba. Dengan begitu, adanya forum, lembaga atau yayasan yang secara khusus menaungi mantan pecandu setelah proses rehabilitasi adalah hal yang sangat penting dalam upaya untuk memberdayakan dan mempersiapkan mantan pecandu agar dapat memasuki kehidupan sosial yang lebih sehat.

Meski terdengar mudah, namun dalam prakteknya usaha pemberdayaan yang dilakukan oleh forum – forum, termasuk yang digalakkan oleh Aryo Maulana, banyak menemui berbagai kendala. Salah satunya adalah keengganan mantan pecandu untuk bergabung. Padahal, melalui forum atau yayasan yang digagas oleh Aryo Maulana, mantan pecandu akan dapat menemukan kembali jati diri mereka yang sempat hilang. Bahkan, mereka akan memiliki kesempatan untuk menambah bekal keterampilan yang bermanfaat. Jadi marilah kita mencontoh sosok Aryo Maulana, seorang tokoh aktivis anti narkoba asal Banten yang tidak pernah ingin berhenti untuk membantu para pecandu maupun mantan pecandu untuk kembali ke lingkungan yang jauh lebih sehat yang bebas dari narkoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s