Pentingnya Forum Mantan Pecandu Narkoba Pasca Rehabilitasi

Banyak orang seringkali menganggap bahwa pasca mengikuti rehabilitasi, seorang pecandu narkoba bisa dengan mudah kembali menjalani kehidupannya. Namun, kenyataan di lapangan, banyak mantan pecandu yang telah menjadi sejumlah program rehabilitasi akhirnya mengalami banyak kendala dan kesulitan untuk bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik. Kesulitan dalam mencari kerja merupakan salah satu hal yang seringkali dihadapi. Inilah mengapa sangat penting adanya sebuah wadah ataupun forum bagi para mantan pecandu tersebut untuk bisa mendapatkan sejumlah pendampingan dan pembinaan pasca rehabilitasi.

Masalah narkoba tentu bukan hanya menjadi persoalan yang harus ditanggung dan dipikirkan oleh pemerintah karena ini merupakan persoalan bersama yang membutuhkan solusi secepatnya bagi semua kalangan masyarakat. Meskipun pemerintah menyediakan fasilitas rehabilitasi bagi para penyalahguna ataupun pecandu narkoba, namun kurangnya proses pembinaan dan pendampingan secara total pasca rehabilitasi seringkali menimbulkan masalah baru bagai para pecandu tersebut. Mereka mengalami frustasi karena seringkali ditolak saat melamar pekerjaan di berbagai perusahaan ataupun instansi. Di sisi lain, untuk membuka usaha baru, masalah modal ataupun relasi seringkali menjadi kendala tersendiri. Para mantan pecandu tersebut seringkali merasa kurang percaya diri saat memasuki kehidupan sosial yang baru. Hal inilah mengapa sangat penting adanya forum mantan pecandu yang dikelola dengan baik dan tepat untuk semakin memberdayakan dan memanusiakan para mantan pecandu narkoba sehingga mereka bisa lebih siap untuk memasuki kehidupan sosialnya.

Pentingnya penangangan pasca rehabilitasi untuk para mantan pecandu narkoba tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun kita semua harus ikut andil dalam pemberantasan narkoba termasuk dengan menyediakan forum pembinaan mantan pecandu dan penyalahguna narkoba tersebut. forum tersebut juga tidak harus dalam bentuk yang formal namun lebih pada efektivitas forum tersebut. Forum ini bisa menjadi wadah untuk menampung serta menyalurkan kreatifitas dan bakat bagipara mantan pecandu yang mana forum tersebut sekaligus juga bisa menjadi tempat bertemu danberbagi dengan suasana yang lebih nyaman dan santai. Dengan adanya forum tersebut, para mantan pecandu tersebut bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki masa lalu dan pengalaman yang hampir sama sehingga mereka bisa lebih percaya diri untuk membuka diri dalam kehidupan sosialnya.

Seorang mantan pengguna narkoba, Aryo Maulana, kini menjadi salah satu penggiat anti narkoba dengan menyediakan berbagai forum ataupun wadah bagi para mantan pengguna dan pecandu untuk mendapatkan sejumlah pendampingan dan pembinaan pasca rehabilitasi sehingga mereka bisa benar-benar terlepas dari jeratan lingkaran setan dunia narkoba serta bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik terutama dalam kehidupan sosial dan ekonomi. Forum mantan pecandu yang dibentuk bisa menjadi salah satu wadah dan kesempatan untuk berkreatifitas dalam rangka melupakan hal negatif yang menjadi masa lalu bagi para mantan pecandu dan penyalahguna narkoba tersebut.

Menurut Aryo, salah satu cara untuk mengatasi masalah darurat narkoba yang sedang dialami bangsa Indonesia adalah dengan cara memberdayakan para mantan pecandu pasca rehabilitasi dengan berbagai aktivitas dan kreativitas. Program pendampingan dan pembinaan guna memberdayakan para mantan pecandu dan penyalah guna narkoba tersebut sangat penting untuk dilakukan sehingga para mantan pengguna tersebut akhirnya bisa mencari nafkah kembali dan berguna bagi keluarga serta lingkungan di sekitarnya. Yang terpenting, para manta pecandu tersebut akhirnya bisa menemukan kembali rasa percaya diri untuk kembali ke lingkungan sosialnya serta menjadi lebih mandiri untuk menjalani kehidupannya.

Apa yang dilakukan Aryo Maulana dalam menyediakan pembinaan serta pemberdayaan par mantan pengguna narkoba pasca rehabilitasi tersebut merupakan salah satu hasil belajarnya dari seorang guru yang bernama Dr. Redha Manthovani, SH, LLM. Bapak Redha merupakan ketua Yayasan Lautan Tanpa Tepi yang sangat mendukung adanya proses pembinaan dan pemberdayaan bagi para mantan pengguna pasca mendapatkan proses rehabilitasi. Salah satu tujuan keberadaan yayasan tersebut adalah ingin menaungi para mantan pecandu terutama pasca rehabilitas. Ketika para penyalahguna narkoba telah mendapatkan proses rehabilitasi oleh lembaga pemerintah seperti BNN, namun masalah ternyata tak hanya berhenti di sana.

Pasca mendapatkan proses rehabilitasi, hal ini tidak bisa memberikan jaminan bahwa para pecandu narkoba tersebut bisa mendapatkan kembali kehidupannya sebagai sebelum menggunakan narkoba. Hal inilah yang seringkali akhirnya memicu keinginan untuk kembali ke lingkungan setan dunia narkoba. Dengan demikian, adanya lembaga ataupun yayasan yang menaungi para mantan pecandu setelah menjalin proses rehabilitasi sangatlah penting untuk memberdayakan dan mempersiapkan secara lebih mandiri para mantan pecandu tersebut untuk memasuki kehidupan sosialnya.

Tentu saja, dalam proses pembinaan dan pemberdayaan para mantan pecandu narkoba pasca rehabilitasi tersebut pastinya juga muncul beberapa kendala. Namun demikian, untuk bisa mencapai tujuan mulia dalam mengembalikan kepercayaan diri serta kemandirian dari para mantan pecandu tersebut, lembaga ataupun forum sebagaimana yang dikelola oleh Aryo Maulana dan Dr. Redha sangat diperlukan adanya rasa kepedulian dan sabar untuk menghadapi berbagai penolakan serta latar belakang mantan pecandu yang beragam.

Dalam penanganan para pecandu narkoba memang tidak hanya cukup dengan memberikan sejumlah program ataupun treatment rehabilitasi semata karena tidak sedikit para mantan pecandu setelah menjalani program rehabilitasi yang mengalami banyak kendala dan kesulitan ketika memasuki lingkungan sosial yang berbeda dari sebelumnya. Tak jarang masyarakat masih melakukan penolakan dan memandang sebelah mata para mantan pecandu tersebut terutama di lingkungan dunia kerja. Hal ini seringkali memberikan dampak psikis bagi para mantan pecandu sehingga bila tidak tertangani dengan tepat, para mantan pecandu tersebut bisa saja kembali ke lingkungan narkoba kembali.

Untuk bisa memberantas narkoba memang sangat dibutuhkan kerja sama dan kesadaran semua pihak mulai dari pemerintah sebagai penentu kebijakan hingga masyarakat level bawah. Adanya beberapa forum, usaha, lembaga, yayasan ataupun lainnya yang menyediakan wadah dan naungan bagi para mantan pecandu narkoba untuk memberikan sejumlah pemberdayaan pastinya patut mendapatkan apresiasi dan dukungan. Peran serta aktif dari masyarakat memang sangat diharapkan sehingga proses pemberantasan narkoba bisa menjadi lebih optimal. Namun demikian, proses pendampingan dan pembinaan bagi para penyalahguna narkoba tersebut tentu tidak hanya cukup hingga proses rehabilitasi.

Setelah menjalani rehabilitasi justru menjadi sebuah awal kehidupan para mantan pecandu dengan berbagai kesulitan yang harus dihadapi seperti perasaan ditolak masyarakat umum, kesulitan mencari pekerjaan, timbul keinginan untuk kembali ke dunia narkoba, dan lainnya. Dalam menghadapi masalah-masalah tersebut, para mantan pecandu tersebut hendaknya mendapatkan pendampingan serta pembinaan yang tepat sehingga mereka bisa menjalani berbagai hal positif dan terhindar dari keinginan untuk kembali terjerumus dalam lingkungan peredaran narkoba. Selain menyediakan forum ataupun wadah yang menaungi para mantan pecandu narkoba untuk memberdayakan dengan berbagai aktivitas positif, memberikan pendekatan spiritual juga sangat dibutuhkan. Dengan membekali sisi kerohanian dan spiritual, hal ini dinilai juga sangat efektif untuk membentengi para mantan pecandu tersebut untuk kembali ke lembah kegelapan dunia narkoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s